Skip to content

SURAT AL KAHFI

March 26, 2016

KANDUNGAN ISI SURAH AL-KAHFI

Diantara amal yang dianjurkan untuk dikerjakan di malam atau hari Jum’at adalah membaca surat Al Kahfi. Dalam hadits, membaca surat Al Kahfi kadang disebutkan dengan redaksi لَيْلَةَ الْجُمْعَةِ (malam Jum’at) dan kadang disebutkan يَوْمِ الْجُمْعَةِ (hari Jum’at). Artinya, waktu disunnahkannya membaca surat Al Kahfi dimulai dari tenggelamnya matahari pada hari Kamis hingga sesaat menjelang matahari tenggelam di hari Jum’at. Membaca surat Al Kahfi di rentang waktu itu memiliki keutamaan besar.

Berikut ini 3 diantara keutamaan membaca Surat Al Kahfi di hari Jum’at:

1. Dipancarkan cahaya pada dirinya di hari kiamat kelak, dari kaki hingga ke langit


مَنْ َقَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمْعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ فِيْمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيْقِ

“Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan dipancarkan cahaya untuknya antara dirinya hingga baitul Atiq.” (HR. Al-Hakim dan Al-Baihaqi, dishahihkan Al-Albani)
2. Diampuni dosanya antara dua Jum’at


مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمْعَةِ سَطَعَ لَهُ نُوْرٌ مِنْ تَحْتِ قَدَمِهِ إِلَى عَنَانِ السَّمَاءَ يُضِيْءُ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَغُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَ الْجُمْعَتَيْنِ

“Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua jumat.” (Hadits riwayat Ibnu Umar dalam at-Targhib wa al- Tarhib)

3. Diselamatkan dari fitnah Dajjal


مَنْ حَفِظَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنْ أَوَّلِ سُورَةِ الْكَهْفِ عُصِمَ مِنَ الدَّجَّالِ

“Barangsiapa hafal sepuluh ayat dari permulaan surat al-Kahfi, maka ia dilindungi dari Dajjal.” (HR. Muslim)


مَنْ قَرَأَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنَ الْكَهْفِ لَمْ يَخَفِ الدَّجَّالَ

“Barangsiapa membaca sepuluh ayat dari permulaan surat al-Kahfi, maka ia dilindungi dari Dajjal.” (HR. Darimi)

Selain 3 keutamaan tersebut, Surat Al-Kahfi  ini memiliki empat cerita di dalamnya, menyimpan beberapa pesan moral, melalui berbagai cerita didalamnya.
1 ) Pemuda didalam Gua
Tentang kisah pemuda yang tinggal di sebuah kota kafir , sehingga mereka memutuskan untuk bermigrasi demi Allah dan melarikan diri . – Allah menghadiahi mereka dengan kemurahan di dalam gua dan perlindungan dari matahari – Mereka bangun dan menemukan seluruh desa beriman.
 PESAN MORAL : COBAAN IMAN .

2 ) Pemilik Dari Dua Kebun
Sebuah cerita tentang seorang pria yang diberkahi Allah dengan dua kebun yang indah , tapi orang lupa mengucapkan terima kasih kepada Dia yang memberkahi dia dengan segala sesuatu dan ia bahkan berani meragukan Allah mengenai kehidupan akherat.Kemudian, taman -Nya dihancurkan – Dia menyesal , tapi sudah terlambat dan penyesalannya tidak menguntungkan dirinya .
PESAN MORAL : COBAAN KEKAYAAN

3 ) Nabi  Musa as dan Nabi Khidir as
Ketika umat Musa as itu bertanya: ” Wahai Musa, siapa di atas bumi ini yang paling berpengetahuan? ” “Musa as menjawab : Aku … “, tapi Allah mengungkapkan kepadanya bahwa ada seseorang yang lebih  mengetahui dari dia . Musa as melakukan perjalanan ke pria itu dan belajar bagaimana Kebijaksanaan Ilahi kadang-kadang dapat disembunyikan dalam hal-hal yang kita anggap buruk 
PESAN MORAL : COBAAN PENGETAHUAN .

4 ) Dzul – Qarnayn
Cerita Raja Besar yang diberi pengetahuan dan kekuasaan . Dia pergi  ke seluruh dunia , membantu orang dan menyebarkan semua kebaikan. Dia mampu mengatasi masalah Yajooj – Majooj dan membangun bendungan besar dengan bantuan orang-orang yang ia bahkan tidak bisa mengerti. 
PESAN MORAL : COBAAN KEKUASAAN

Di tengah surat,  Allah menyebutkan Iblis sebagai seorang yang menimbulkan uji coba ini : Lihatlah ! Kami berkata kepada malaikat ” Sujudlah ke Adam ” : mereka sujud kecuali Iblis . Dia adalah salah satu dari jin , dan ia menolak perintah Tuhannya . Maka apakah kamu mengambil dia dan keturunannya sebagai pelindung daripada Aku ? Dan mereka semua adalah musuh bagimu!

Sekarang mari kita lihat apa hubungan antara Surat Al – Kahfi dan Dajjal ( Anti – Kristus ) ? Dajjal akan muncul sebelum hari kiamat dengan 4 fitnah :
* Dia akan meminta orang untuk menyembahnya, bukan kepada Allah
  FITNAH IMAN
* Dia akan diberi kekuasaan untuk mengendalikan hujan dan menggoda orang dengan kekayaannya
  FITNAH KEKAYAAN
* Dia akan menguji orang  dengan ” pengetahuan ” dan berita yang diberikan
  FITNAH PENGETAHUAN
* Dia akan mengontrol sebagian besar dari bumi
   FITNAH KEKUASAAN

Bagaimana untuk bertahan hidup dari cobaan ini ? Jawabannya ada di Surat Al – Kahfi 
Pertahanan 1 : SABAR DAN TAAT
” Dan bersabarlah engkau bersama orang yang menyeru Tuhannya  pada pagi dan sore hari dengan mengharap keridaan-Nya ; dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka (karena) mengharapkan perhiasaan  kehidupan dunia; dan janganlah engkau mengikuti orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingati Kami , serta menuruti keinginannya dan keadaanya  telah melampaui batas ” 
(QS. Al – Kahfi ayat 28 ) 

Pertahanan 2 : MENGETAHUI KEBENARAN DUNIA
“Dan buatkanlah untuk mereka perumpamaan kehidupan dunia ini. Ibarat air hujan yang kami turunkan dari langit , sehingga menyuburkan tumbuh-tumbuhan di bumi, kemudian itu menjadi kering yang diterbangkan oleh angin. Dan Allah Mahakuasa atas segala sesuatu ” 
(QS. Al – Kahfi , ayat 45 ) 

Pertahanan 3 : KERENDAHAN HATI
Musa berkata : ” Insya Allah akan engkau dapati aku orang yang sabar, dan aku tidak akan menentangmu dalam urusan apapun. ”
( QS. Al – Kahfi , ayat 69 

Pertahanan 4 : KETULUSAN   
Katakanlah,” Sesungguhnya aku ini hanyalah seorang manusia seperti kamu, yang telah menerima wahyu, bahwa sesungguhnya Tuhan kamu  adalah Tuhan Yang maha Esa .” Maka barangsiapa mengharapkan pertemuan dengan Tuhannya, maka hendaklah dia mengerjakan kebajikan, dan janganlah dia mempersekutukan dengan sesuatupun dalam beribadah kepada Tuhannya.”
(QS. Al – Kahfi , ayat 110 ) 

Pertahanan 5 : MENGINGAT ALLAH
Dan bacakanlah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Kitab Tuhanmu. Tidak ada yang dapat mengubah Firman-Nya. Dan engkau tidak akan dapat menemukan tempat berlindung selain kepada-Nya. (QS. Al – Kahfi , ayat 27 ) 

Pertahanan 6 : MENGINGAT AKHIRAT
Dan pada hari (ketika) Kami perjalankan gunung-gunung dan engkau  akan melihat bumi itu rata dan  Kami kumpulkan mereka (seluruh manusia), dan tidak Kami tinggalkan seorangpun dari mereka.
Dan mereka akan dibawa kehadapan  Tuhanmu dengan berbaris. (Allah berfirman) , “Sesungguhnya kamu  datang kepada Kami, sebagaimana Kami menciptakan kamu pada pertama kali ; bahkan kamu menganggap bahwa Kami tidak akan menetapkan bagi kamu waktu ( berbangkit untuk memenuhi) perjanjian.
Dan diletakkanlah kitab (catatan amal) lalu engkau akan melihat orang yang berdosa merasa  ketakutan terhadap apa yang ( tercatat ) di dalamnya , dan mereka akan berkata, “Betapa celakalah kami ! kitab apakah ini ! tidak ada yang tertinggal , yang kecil atau besar melainkan tercatat semuanya,”dan  mereka akan menemukan semua yang mereka kerjakan , ditempatkan di depan mereka (tertulis). Dan Tuhanmu tidak menzalimi seorangpun.”
(QS. Al – Kahfi , ayat 47-49 )

Advertisements

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: